Penggunaan Genteng Beton pada Rumah Minimalis

Genteng beton ramai diperbincangkan sejak tren rumah minimalis mulai disukai. Bila genteng keramik bentuknya berlekuk dan memiliki kesan tradisional, genteng beton tampil sebaliknya. Permukaan genteng beton yang rata dengan garis tegas dan berwarna keabuan gelap kental membentuk kesan minimalis dan modern sehingga cocok untuk tampilan rumah minimalis anda. 

Gambar Penggunaan Genteng Beton Pada Atap Rumah Minimalis 

Sumber : internet

Memang, genteng beton yang di gunakan pada rumah minimalis tidak selalu diproduksi dengan bentuk rata dan warna gelap. Namun rupanya tampilan yang seperti itulah justru yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Tipe genteng tersebut hadir dengan beragam pilihan tekstur-mulai dari tekstur polos,bergaris vertical, menyerupai alur kayu, dan menyerupai batu.

Kemampuan genteng beton dalam menghalau panas dilakukan dengan cara memantulkan panas matahari sehingga ruang dalam rumah minimalis tetap terasa sejuk. Kemampuan menahan beban juga membuat genteng ini lebih tahan bocor, terutama karena sistem pemasangannya unik-harus dipasang berselang-seling atau zig-zag. Teknik pemasangan zig-zag yang dimaksud di sini kurang lebih mirip seperti cara memasang pasangan bata yakni susunan bata di buat saling menimpa satu sama lain sehingga saling mengunci dan membentuk rekatan yang lebih kuat pada rumah minimalis anda.

Dibanding bahan penutup atap lainnya, genteng beton merupakan salah satu bahan penutup atap rumah minimalis yang paling berat. Beratnya mencapai 47-49,5 kg/m2. Berat ini lebih berat daripada berat genteng keramik, yaitu 41 kg/m2. Untuk 1 m2 diperlukan 9-10 buah genteng beton. Genteng beton dipasang di atas reng berukuran 3 x 4 cm dalam jarak 25,5 cm. Sayangnya, genteng beton tidak fleksibel seperti atap lembaran yang dapat dengan mudah diterapkan untuk permukaan-permukaan landai. Genteng ini punya persyaratan minimal kemiringan atap, yakni harus miring 250. Pemasangannya memang tergolong praktis dengan sistem interlocking, namun untuk penggunaan di kemiringan atap lebih dari 400 membutuhkan paku.

Gambar Jenis Genteng Beton Pada Atap Rumah Minimalis 

 

Sumber : internet

 

Cara pemasangan genteng beton:

1.       Pasang reng 3 x 4 cm dalam jarak 25 cm atau disesuaikan dengan ukuran atap agar tidak ada genteng beton yang terbuang.

2.       Pasang genteng mulai dari bawah, kanan ke kiri, dilanjutkan ke sisi atas.

3.     Pemasangan genteng di sisi atas tidak benar-benar lurus per modul namun dibuat zig-zag/bergeser mengikuti garis acuan yang ada pada  genteng.

4.      Pastikan bahwa genteng terpasang dengan benar, pas, dan saling mengunci antar genteng (ada sistem interlocking). Pada kemiringan atap  lebih dari 400, , diperlukan paku atau sekrup.

Contoh Penggunaan Atap Genteng Beton pada Desain Rumah Minimalis